Minggu, 25 Januari 2015

Pengenalan Ms. Word (Pemanfaatan page break untuk mengatur halaman)

Prosedur melakukan page break di Ms. Word 2007. Bagian dari dokumen dalam page break disebut section
  • Menambah Section, pilih Page Layout – Breaks – Next Page.
  • Mem-Break tanpa nambah Section, pilih Page Layout – Breaks – Page Break.
Fungsinya section: Dengan membagi dokumen menjadi beberapa section, akan mempermudah proses pemberian nomor halaman. Untuk membuat proposal atau dokumen ada bagian yang format page number nya berbeda, dengan pembagian section akan lebih mudah mengedit-ngedit format page number-nya. Misal, untuk Kata Pengantar dan Daftar Isi dianggap berada pada section yang sama, yaitu Section 1. Untuk Bab I Pendahuluan dibedakan, maka dianggap berada pada Section 2.
Maka Tiap section yang berbeda bisa dibuat berbeda juga format page numbernya.
Kalau Page Break yang hasilnya tidak tertambah section itu fungsinya supaya bagian yang berbeda tidak akan saling berpengaruh. Contohny:, Bab I Pendahuluan dan Bab II Pembahasan biasanya untuk pemberian nomor halaman adalah bersambung tapi kalau kita udah selesai bikin Bab I Pendahuluan ga jarang kita selesai di tengah halaman. Nah kalo mau masuk ke Bab II. Dengan Page Break, kalaupun kita mengedit-ngedit Bab I, si Bab II akan stabil berada di awal halaman.


  1. Page Number
    Pemberian nomor halaman sebenernya sama saja dengan di Ms. Word 2003.
    Langkah untuk itu , pilih Insert – Page Number
    Pertama, kita letakkan cursor di halaman yang bakal kita atur formatnya. Terus pilih Insert – Page Number -Format Page Numbers.
Untuk mencoba menggunakannya yaitu,
Misal untuk section 1 yang berisi kata pengantar dan daftar isi kita bisa mengformat dapat dengan tipe ”i, ii, iii, …”. Kalau sudah masuk ke BAB I, II, dan selanjutnya bisa kita format menggunakan ”1, 2, 3, …”




Tidak ada komentar:

Posting Komentar